ATOPICLAIR : Perawatan Baby Dermatitis Atopik

Hello mommizen (mommy nitizen), kali ini aku bakal review produk yang menurutku penting banget buat si kecil, terutama yang punya baby dengan kulit sensitif. Kulit sensitif yang gampang kering dan muncul ruam2 (dermatitis atopik)
.
Mulai usia 2 minggu,anak aku udah kena dermatitis. Sampai sekarang usia baby Z udh 7 bulan masih sering muncul. Merusak penampilan baby Z yang imut.
Soalnya kulitnya jadi keliatan gk mulus pas dermatitisnya keluar.

Apalagi anak bayi gampang banget rewel, gatal dikit aja dah rewel banget. Sampai akhirnya aku mutusin buat tes alergi karena kata dsa baby Z, harus segera dieliminasi makanan yang bikin alerginya muncul. Untuk tes alergi melalui darah lumayan sih biayanya. Sekitar 1 jt an ke atas, tapi mommizen akan tau secara spesifik apa sih yang memicu alergi baby, karena ada 55 bahan yang akan diuji dalam darahnya. 

Kadang - kadang mommizen menganggap baby alergi susu sapi, ternyata pas tes alergi hasilnya negatif. Sayang banget kan mom, soalnya baby butuh banget kalsium dari susu sapi yang mommizen konsumsi. Untuk hasil tes alergi baby Z, dia alergi shellfish mix dan putih telur.

Aku udah coba ke banyak dsa dan juga dokter spesialis kulit tapi tetap gak bisa sembuh alerginya. Bahkan udah nunjukin hasil labnya. Jadi, yang bisa dilakuin cuma ngolesin obat aja saat alerginya kambuh dan itu hampir tiap hri, karena ruam2nya sering muncul. Sebagai mom, tentu aku khwatir kalo baby Z terus2an diolesin obat kulit karena beberapa mengandung steroid (makanya biasanya langsung sembuh setelah diolesin). Jadi aku putuskan untuk cari produk di pasaran yang aman dipake tiap hari. Kalo lagi parah, kulit baby Z sampe kayak gini :



Pertama, produk yang aku coba Merk Physiogel, teksturnya lembut dan lumayan murah. Tapi ternyata gak ngefek sama sekali ke kulit baby Z. Namun, beberapa bayi ada yang cocok. Setelah itu, aku coba lagi Merk Buds Organic yang mehong ituuhhhh. Daaann ternyata ttp gak ngefek juga. Lembab sih tapi belum cukup buat ngatasin ruam2nya. Sampai akhirnya aku diskusi sama seorang teman dan rekomendasiin Merk Atopiclair.

Ini dia Atopiclair, Lotion untuk Dermatitis Atopik
Selain lotion, atopiclair ada versi creamnya juga, terserah mom, mau pilih yang mana. Kalo saya lebih seneng yang lotion. Atopiclair ini agak susah dapat di pasaran. Biasanya hanya tersedia di apotik atau tenant tertentu, seperti Century. Untuk harga, masuk kategori "mahal" menurut saya, untuk kemasan 120 ml dijual dengan harga Rp320.000 - Rp380.000. Mungkin hanya dipakai sebulan dah habis. Bagi mommizen range seharga itu bisa buat makan seminggu kali yah,wkwkkw🤣

Kemasan
Kemasan atopiclair unik banget menurut aku. Untuk mengeluarkan produknya, tutup bagian atas diputar sampai lubang di tengah keliatan dan produk akan keluar saat ditumpahkan ke tangan. jadi higienis, karena seluruh lotion tidak terkontaminasi langsung.

Klaim
*Clinically Proven,  telah terbukti secara klinis.
*Hydrates the skin, menghidrasi kulit
*Support Healthy skin barrier function, menjaga kesehatan kulit
*Fragrance Free, Bebas pewangi
*Hypoallergic, tidak menyebabkan alergi kulit

Tekstur
Untuk tekstur, lotion ini agak cair sedikit kekunigan. Jadi kalo ditumpah jangan banyak - banyak. Cukup dikit aja sudah lembab di kulit bayi. Tentunya lotion ini gak lengket di kulit dan mudah menyerap.

Setelah pake beberapa hari, ternyata lotion ini cukup ampuh buat menyembuhkan dermatitis atopik baby Z, aku dah jarang banget pake krim racikan dokter kulit yang pake steroid. Aku pakein tiap abis mandi. Biasanya kalo dah mulai merah2, aku olesin lebih intens, paling 2 hari udh sembuh. Dari seluruh klaim dari Atopiclair, seluruhnya sesuai dan terbukti cocok untuk kulit baby Z.

Alhamdulillah akhirnya ada juga produk yang cocok, karena kulit dermatitis ini perawatannya ribet banget. Mulai dari sabun, shampoo, baby laundry, semaunya harus khusus.

APA SIH PENYEBAB DERMATITIS ATOPIK?
Sampai saat ini belum dapat dipastikan penyebab dermatitis atopik. Jadi sangat sulit dihentikan/disembuhkan secara permanen, hanya bisa dicegah atau disembuhkan sementara. Tetap jaga kelembaban kulit baby ya 🙂

Komentar